Sesederhana cerita akhir tahun genap

Tinggal hitungan hari lagi, tahun genap ini selesai, berakhir, usai. Tahun ini, salah satu tahun terbaik bagiku. Tahun dimana aku benar-benar sendiri tanpa keluarga, tanpa kakak disini. Banyak perjalanan luar biasa menuntunku hingga sampai di titik ini. Tahun genap yang terasa begitu cepat. Hah, rasanya tidak ingin berakhir. Ya, tak ingin. Tahun genap yang menggenapkan.

Entah berapa banyak orang-orang baru dikirim Allah tahun ini. Sahabat-sahabat baru, keluarga baru. Semua kisah yang baru.

Awal tahun dengan amanah baru, bukan hal yang mudah. Amanah, yang bukan sekedar untuk gaya-gayaan. Amanah yang pastilah diakhir menanti untuk diminta pertanggung jawaban. Terima kasih Fosmapet, terima kasih untuk semuanya satu tahun ini. Terima kasih untuk ke17 sahabat-sahabat PH yang selalu ada. Terima kasih untuk kalian yang selalu menguatkan. Masa kita telah usai. Tahun depan, tidak ada lagi kita sama-sama menjalankan proker, tidak ada lagi kita sama-sama pulang larut memikirkan masa depan besar organisasi kita, tidak ada lagi tangis masing-masing kita mengisi sempitnya sekre karena rasa sesal gagalnya kita mengemban amanah, tidak ada lagi keluh kesah kita berbagi akal bagaimana menjaga staff, bagaimana kita selalu bisa memberikan pelayanan terbaik. Tahun depan, tidak lagi kawanku, tidak lagi sahabatku.

Mengayomi bukan hal mudah, terlebih dengan sifat masing-masing yang berbeda. Tapi terima kasih untuk tahun ini squad jaringan. Berkat kalian, banyak hal aku belajar. Berkat kalian, aku mengerti bahwa menjaga itu berat. Bahwa perjuangan itu tidak mudah, bahwa tidak ada yang tidak mungkin selagi niat kita adalah ikhlas. Terima kasih selalu membersamai menjalankan proker-proker kita. Terima kasih, berkat perjuangan kalian, Fosmapet bisa lebih dikenal, berkat kalian Fosmapet berhasil melaksanakan KUPER FOSIL hanya dengan 50rb. Kalian, orang-orang luar biasa. Tahun depan, saatnya kalian melanjutkan perjuangan, saatnya kalian membawa organisasi ini terbang lebih tinggi. Tahun depan adalah masa kalian.

Pertengahan tahun, Palapa. Ah, tak ada waktu yang cukup sebenarnya jika harus bercerita tentangnya. Terima kasih untuk Allah yang telah memberiku kesempatan berjuang bersama semua teman-teman panitia. Merelakan liburan hari raya, merelakan berangkat jam 4 pagi pulang petang, merelakan pulsa agar gamada selalu terkoordinir, agar gamada tidak melakukan kesalahan, agar gamada tidak tersesat. Berjuang bersama untuk bibit-bibit terbaik bangsa, memberi semangat dan motivasi agar mereka bisa membawa masa depan negeri ini ke arah yang lebih baik. Berjuang bersama dengan keikhlasan. Terima kasih untuk sahabat-sahabat panitia. Tahun depan mungkin kalian akan ikut Palapa lagi, tapi kisah di tahun ini tidak akan terulang, perjuangan di tahun ini tidak akan pasti sama. Bagiku, kalian adalah sosok pahlawan luar biasa kawan.

Masa peralihan, sering diartikan sebagai masa paling bandel dan susah diatur. Tapi tidak begitu bagi adik-adikku Hardjonodanoesastro 311 a.k.a MABOY. Pertama bertemu kalian, aku sempat ragu. Hampir 50 mahasiswa baru dengan latar belakang berbeda. Saat itu aku hanya takut, bagaimana aku akan menangani kalian? Tapi kalian adalah adik-adik  yang luar biasa. Adik-adik yang selalu menurut dan penuh ide menakjubkan. Adik-adik yang selalu memberi semangat hingga detik ini. Adik-adik yang selalu membuatku bisa tersenyum setiap kali terucap "kan demi kak maboy". Hah, maafkan aku adik-adikku jika sampai saat ini rencana kumpul kita selalu berujung wacana. Tapi aku janji, bagaimanapun caranya, tali silaturahmi kita tidak akan putus. Karena kita adalah satu keluarga. Keluarga maboy.

Anugerah luar biasa lagi datang tahun ini. Terima kasih Ya Allah telah mengijinkan hamba bergabung dengan keluarga baru Asisten Laboratorium Bagian Teknologi Hasil Ternak. Tidak semua bisa berkesempatan seperti ini. Satu lagi keluarga baru yang akan membersamaiku hingga lulus nanti.

Terima kasih untuk semua yang telah menjadi bagian dari semua kisah di tahun genapku. Terima kasih untuk semua sahabat baruku tahun ini. Terima kasih sahabat Palapa yang paling awet hingga hari ini, Via yang selalu jadi tempat curhat walaupun sebenernya lebih banyak dia yang curhat daripada aku, Rival yang selalu jadi temen main paling super, paling bisa ngasih samanget. Terima kasih untuk semua sahabat kelompok studi fakultas seUGM, berkat LC SCCF dulu, mengenalkanku pada kalian. Dan maaf belum sempat kita sunmoran bareng setelah LC. Terima kasih untuk teman-teman Salam Unsoed yang tak lupa selalu menyambung silaturahmi. Maaf saat kunjungan ke UP3 tidak sempat memberi tau meskipun kalian menantikan kedatangam kami. Terima kasih untuk kakak-kakak THT yang selalu sabar membimbing kami. Terima kasih juga Ya Allah, di tahun ini juga akhirnya engkau mempertemukan hamba dengan teman SD yang bahkan 10th lebih kami tidak saling bertemu. Terima kasih, kalian adalah orang-orang baru di tahun ini.

Dan untuk semua sahabat lamaku, Dita, Iren, Gadis, Lusi, Shandy, Diah, Kiting, Ilham, Fatur, Nanda, Kembar, dll. Meskipun kalian adalah sahabat lama, tapi setiap hari yang kita lalui di tahun ini adalah hal baru yang tidak akan  terlupakan. Untuk Silase, tahun ini adalah tahun kita, Silasensation. Maaf jika aku kurang ada di tahun kita. Tapi kisah kita di tahun ini, akan semakin membuat kita paham dan mengerti, seperti apa itu keluarga satu angkatan.

Semuanya di tahun ini tidak akan terulang. Dan tahun genap ini tidak akan benar-benar genap tanpa kalian. Karena kalian adalah hal terindah yang menggenapkan :)

Komentar